Membuat Bunga Kering

Membuat bunga kering itu sangatlah mudah. Terlebih jika kita memang telah mempunyai kemahiran dalam hal mendesain rangkaian bunga. Tentu akan makin menyenangkan saja.

Bagi anda yang mungkin memang sengaja mencari cara untuk bisa belajar membuat bunga kering, anda juga bisa mengkuti panduan sederhana yang ada di bawah ini. Yang pertama, anda perlu menyiapkan bahan seperti bunga, kertas koran, dos, gunting, tali pengikat, pasir putih/kassa, hairspray. Untuk jenis bunga yang bisa di keringkan juga sangat banyak, namun kita bisa memanfaatkan bunga yang paling mudah untuk di dapat saja. Yaitu seperti bunga lavender, dahlia, rose, zinnia (bunga kertas), helipterum, rumput-rumput, bunga-bunga liar seperti achillea, aconitum, allium). Untuk pemetikannya sendiri, sebaiknya di lakukan pada pagi hari. Dengan tujuan untuk menghindari adanya sinar matahari. Tetapi, jika memang waktu anda memetiknya terpaksa pada siang hari, usahakan segera di simpan agar tidak terkena sinar matahari lebih lama lagi sesaat setelah di petik. Setelah itu, ikat bunga dengan mengumpulkan beberapa bagian dan gantung bunga tersebut dengan posisi terbalik ( upside down ). Hal itu memiliki tujuan agar tangkai bisa tetap dalam keadaan lurus. Namun berbeda lagi jika memang anda hanya menginginkan kepala bunga saja (tanpa tangkai), anda bisa mengeringkannya dengan cara   di taruh di dalam wadah plastik yang berisikan pasir putih atau kassa, atau juga bisa dengan di letakkan saja di atas kertas koran.

Bunga-bunga yang sengaja di keringkan tersebut memang di haruskan untuk berada di tempat yang gelap. Tempat yang gelap tersebut memiliki fungsi agar warna bunga bisa tetap bertahan, hal ini karena proses hilangnya pigmen warna dari bunga ialah reaksi oksidasi di mana reaksi ini memang membutuhkan sinar dan juga air. Maka dari itu, kita sengaja memilih tempat gelap dan pagi, agar terhindar dari sinar dan juga air tersebut. Selain itu, tempat yang di pilih untuk proses pengeringan bunga tersebut  juga harus mempunyai sirkulasi yang baik atau tidak lembab. Seperti tempat garasi, closet, atau segala tempat yang sangat dekat dengan ventilasi. Dan setelah bunga kering, langsung spray dengan hairspray untuk ekstra protection. Kemudian simpan bunga kering tersebut menggunakan kertas koran atau juga bisa  di dalam sebuah dos yang telah di beri silica gel. Setelah itu, anda langsung bisa merangkai bunga-bunga yang telah di keringkan tersebut menjadi rangkaian yang indah dengan cara mengelem antara satu bunga dengan bunga yang lainnya. Dengan cara mencocokkan keserasian dan juga kombinasi dari bunga-bunga tersebut. Selain itu, batang pohon, daun, serta rantingnya, juga bisa anda gunakan juga sebagai elemen pensukung saat anda menghias rangkaian bunga. Namun tetap harus melalui proses pengeringan terlebih dahulu juga.

cara membuat kerajinan tangan kertas souvenir (148), cara membuat bunga kering (128), cara membuat kerajinan tangan dari kertas (78), cara membuat bunga dari kertas (62), cara mengawetkan bunga (60), cara membuat bunga (57), cara mengeringkan bunga (57), cara membuat souvenir dari daun kering (53), cara membuat kerajinan dari daun kering (40), cara membuat bunga dari kertas koran (38), cara merangkai bunga (38), membuat souvenir dari daun kering (36), cara mengawetkan daun (34), membuat bunga kering (30), cara merangkai bunga kering (28), cara membuat kerajinan bunga kering (25), cara membuat bunga dari daun kering (20), merangkai bunga kering (18), cara mengawetkan daun kering (18), kerajinan tangan dari kertas dan cara membuatnya (16)