undangan pernikahan souvenir pernikahan souvenir pernikahan souvenir pernikahan souvenir pernikahan souvenir pernikahan souvenir pernikahan lainnya

Hadiah Pernikahan Sang Pengantin

Hadiah pernikahan untuk sepasang pengantin yang sedang berbahagia merayakan hari pernikahan dapat berupa banyak benda atau bahkan hal. Sebagai teman ataupun keluarga pastinya anda ingin memberikah sebuah hadiah yang bermanfaat dan akan mengingatkan sang pengantin kepada anda. Hadiah pernikahan pada umumnya berupa benda seperti alat-alat kebutuhan rumah tangga, misalnya saja handuk, sprei tempat tidur, seperangkat panci model terbaru ataupun kompor. Tetapi seiring dengan perubahan zaman maka jenis hadiah pun mulai berubah. Pada saat ini jenis hadiah pernikahan yang paling umum adalah uang. Selain uang hadiah yang diberikan juga dapat berupa voucher belanja ataupun paket perjalanan atau paket menginap di hotel berbintang, hadiah terakhir ini biasanya dikategorikan sebagai hadiah bulan madu. Jika mendapatkan hadiah pernikahan berupa paket bulan madu ini maka paling tidak pasangan pengantin tidak perlu memikirkan akan pergi berbulan madu kemana dan sumber biayanya.

Terjadinya pergeseran jenis hadiah pernikahan dari benda kepada uang ini jelas memiliki faktor pemicu. Faktor pemicu yang pertama adalah dari pihak penyelenggara acara resepsi pernikahan. Saat ini baik pada resepsi pernikahan tradisional maupun resepsi pernikahan modern, kita menjumpai pada meja penerima tamu biasanya terdapat petuga penerima tamu, buku tamu dan sebuah kotak. Tidak lagi tersedia sebuah ruang di atas meja tersebut untuk meletakkan hadiah pernikahan berupa benda atau barang, ruang tersebut sudah ditempati sebuah kotak yang desainnya menyediakan tempat untuk memasukkan amplop atau sesuatu berukuran amplop pada bagian atasnya. Hal ini jelas mengatakan kepada tamu undangan untuk membawa hadiah pernikahan bukan berupa barang besar tetapi sesuatu yang kecil yang berukuran amplop, atau dengan kata lain hadiah yang diharapkan adalah uang.Hal ini tidak berarti jika anda membawa hadiah pernikahan maka akan ditolak. Hanya saja hadiah itu akan menjadi perhatian seluruh tamu undangan.

Terjadinya pergeseran jenis hadiah pernikahan ini merupakan hasil dari pelajaran yang diambil dari penyelenggaran pernikahan dimana hadiah yang diberikan mayoritas adalah benda. Sebagian dari anda mungkin mengetahui atau mengalami sendiri ketika mendapatkan undangan acara pernikahan maka terjadi kebingungan akan memberikan hadiah apa. Hadiah pernikahan yang biasanya diberikan adalah handuk, jam dinding, seperangkat sprei tidur atau seperangkat alat memasak. Sebenarnya masalah yang lebih rumit lagi dialami oleh pasangan pengantin yang menerima hadiah pernikahan. Pertama mereka akan sibuk untuk membuka hadiah satu persatu, kemudian mereka akan terkejut menghadapi kenyataan bahwa mereka menerima selusin handuk dan setengah lusin jam dinding. Tentu saja akan lebih baik dan lebih bermanfaat jika hadiah pernikahan yang diterima adalah uang, karena dengan begitu mereka dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan yang mereka miliki.

© souvenir pernikahan
CyberChimps